Minggu, 24 Juni 2012

Jajanan Khas Bali

Tipat cantok
Pada dasarnya tipat cantok ini sangat sederhana dengan tambahan bumbu kacang tanah,Ketupat,sayuran seperti : kacang panjang,utik-utik (toge),terong hijau mentah. Seiring dengan perkembangan jaman tipat cantok dapat ditambah dengan telur rebus,kubis,sawi putih,daun kemangi dan lainlainnya.

Rujak Kuah Pindang
Tak jauh beda dengan rujak pada umumnya. rujak kuah pindah dengan bahan buah-buahan segar seperti :
jambu air,mangga,belimbing,buah boni,ubi jalar,nanas,pepaya,bengkoang,timun,dll. Bumbu rujak kuah pindang sendiri adalah kuah yang berasal dari rendaman ikan pindang atau sarden (ikan kucing). Selain rujak kuah pindang, tersedia juga rujak cuka, rujak gula,rujak kuah pindang gula pasir,dll. Harga per porsi rata-rata Rp3000-Rp5000.

Laklak (Serabi dari Bali)
Serabi buak hanya milik orang jawa, Bali juga punya jajanan mirip serabi. Warnanya hijau muda,dan ada juga yang berwarna putih di makan dengan kelapa parut dan saus gula merah. anda bisa temui jajanan ini di pasar lokal ,warung. harganya murah hanya Rp 1.000 untuk 3-4 buah. 
Jaja Uli
Makanan khas bali warisan nenek moyang. jaja uli biasanya di gunakan untuk piodalan seperti hari raya galungan dan kuningan. Terbuat dari bahan dasr tepung beras. ada warna putih dan coklat. jika jaje uli berwarna putih, maka terbuat dari campuran gula pasir, kalau yang coklat dari gula bali. Ada yang di jual basah ataupun di gorang kering. Jaje uli basah biasanya ditemani dengan tape yang manis.
Jaja Bendu
jaja bendu biasanya dibuat untuk keperluan upacara agama seperti : pernikahan. kue ini banyak di jual sebagai jajanan pasar. Kue ini terbuat dari beras ketan dan dimakan untuk teman minum kopi. berbentuk gulungan atau dibuat pipih, didalamnya berisi parutan kelapa yang dicampur gula bali.
Lawar
makanan ini digunakan sebagai sajian atau hidangan saat upacara agama atau hari biasa untuk dikonsumsi pribadi. Lawar adalah sejenis lauk pauk yang di campur dari daging yang dicincang,sayuran,bumbu rempah-rempah,kelapa. Lawar tidak dapat disimpan terlalu lama. jika dibiarkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari. Selain lawar babi, juga ada lawar ayam,lawar kacang panjang,lawar jantung pisang, dll. 
Ayam Betutu dan bebek betutu
Merupakan masakan khas bali yang paling diburu oleh wisatawan luar negri dan dalam negri. Ayam betutu dan bebek betutu di masak dengan cara tradisional dan sangat sederhana. ayam/bebek dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibungkus kembali menggunakan pelepah pisang hingga rapat. setelah itu ditanam di dalam lubang tanah dan ditutup bara api selama 6-7 jam sampai matang. Karena proses memasak yang memakan waktu lama inilah yang membuat betutu khas bali sangat diminati dan menjadi sajian istimewa di rumah makan. 
Nasi Jinggo
Nasi yang dijual mengunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. isi lauknya : ayam suir,nasi,mie,serundeng dan sambal.  Semua dalam porsi sedikit. Biasanya dijual di pinggir jalan dengan meja seadanya. harganya cuma Rp 2000-Rp3000.

Rujak bulung
Hampir sama dengan rujak kuah pindang,perbedaan hanya pada rujak bulungnya. Mangga diganti dengan rumput laut. ditambah parutan kelapa,dan bumbu lengkuas dan jeruk lemo. ada yang berwarna putih dan hijau. Jajanan sehat ini patut jadi salah satu daftar kuliner anda. 

Es Daluman
Es teman makan rujak. Di bali minuman ini sangat mudah di temui di warung-warung yang menjual rujak. Minuman ini terbuat dari daun daluman. daluman di campur air hangat,di remas hingga berbusa, kemudian di saring hingga bersih. didiamkan selama kurang lebih 1-2 jam.
Setelah mengental daluman ini di campur dengan santan,gula merah dan es secukupnya. hampir mirip dengan tampilan es cendol. Selain dapat mengatasi sembelit,es daluman dapat mengobati panas dalam.
Jukut ares
Terbuat dari pohon pisang yang masih kecil di campur dengan rusuk daging (Sapi,bebek,ayam,babi) dan rempah rempah. Biasanya disajikan saat upacara, acara keluarga, pernikahan dll. 
Sate Nyuh (kelapa)
nyuh atau kelapa merupakan bahan utama dalam pembuatan sate nyuh ini. kelapa yang sudah di parut, dicampur dengan daging (ayam,babi,sapi,ikan) sesui selera. Di racik dengan bumbu rempah-rempah khas bali. Kemudian di bakar sehingga memicu aroma yang wangi. disajikan dengan sambal dan nasi hangat.
Jukut serombotan
Jenis urap sayur mayur, kangkung,bayam,kacang panjang dan toge,dll. di atasnya disiram sambal yang encer.  kemudian di beri irisan terong bulat,pare,dan taburan kacang goreng .